Kris Wu Resmi Ditahan Atas Kasus Pemerkosaan

Kasus hukum Kris Wu mulai bergulir. Mantan personel boyband Korea EXO itu ditahan pada Sabtu (14/8) oleh Kepolisian Distrik Chaoyang, Beijing. ’’Idol pop Kris Wu Yi Fan resmi ditahan atas tuduhan pemerkosaan,’’ ungkap perwakilan pengadilan setempat sebagaimana dikutip Global Times pada Senin (16/8). Wu kini berstatus tersangka.

Penahanan itu hanya selisih beberapa pekan dari laporan Du Meizhu, beauty influencer yang merupakan korban sekaligus mantan kekasih Wu. Dia mengungkapkan telah mengalami pelecehan seksual setelah dijebak dan dibuat mabuk oleh Wu.

Pernyataan Meizhu memantik munculnya pengakuan serupa dari perempuan muda –sebagian di antaranya masih di bawah umur– yang pernah dijebak dan dilecehkan artis 30 tahun itu. Wu ditangkap pihak berwenang dan menjalani investigasi di Pusat Penahanan Chaoyang, Beijing, pada akhir Juli lalu.

Media sosial di Tiongkok segera mengambil langkah cepat. WeChat dan Douyin menghapus akun personal sekaligus bisnis Kris. Pada Minggu (15/8), Weibo menyusul mencoret akun mantan model Bvlgari itu dari platformnya. Selain itu, pihaknya menyensor 108 tagar dan 789 grup chat yang dibuat fans untuk menutupi maupun membelokkan kasus Wu.

Pada akhir pekan lalu, Weibo dikabarkan telah memblokir sementara sekitar seribu akun. ’’Langkah itu kami ambil karena akun-akun tersebut mengunggah misinformasi terkait penahanan Wu,’’ papar pihak media sosial itu via pernyataan resmi.

Mereka menjelaskan, ada cukup banyak akun yang dibekukan lantaran membenarkan tindakan Wu maupun menggunakan isu tersebut untuk memicu keributan dan menyerang lembaga negara.

Platform dengan 530 juta akun aktif itu juga menangguhkan akun tiga tokoh. Sebab, para tokoh itu pernah memberikan dukungan pada pria keturunan Kanada-Tionghoa itu ketika terlibat skandal pada 2016. Penulis Zhang Xin, yang menggunakan alias Liu Liu, dan host Ma Weiwei membela Wu yang diberitakan menelantarkan seorang perempuan setelah berhubungan intim.

Ma menilai, perempuan itu harusnya merasa beruntung karena bisa tidur bersama idola. ’’Perempuan ini murahan. Dia jelas-jelas pasangan seksual, tapi meminta status… Dia tidak punya apa pun, tapi ingin hubungan resmi,’’ tulis Xin. Keduanya telah meminta maaf pada awal bulan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan