Kenali Komponen Sepeda Motor yang Harus Diganti Berkala dan Cara Perawatannya

BANDUNG – Sepeda motor merupakan kendaraan yang memerlukan perawatan secara berkala agar tetap dalam kondisi yang prima saat dikendarai. Jika tidak dilakukan perawatan secara berkala maka performa dan keawetan komponen sepeda motor menjadi menurun.

Perawatan harus dilakukan secara rutin dan berkala karena terdapat beberapa komponen atau spareparts pada bagi sepeda motor yang mempunyai masa kedaluwarsa atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, apabila tidak mengganti komponen tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dapat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya sepeda motor sulit untuk dihidupkan hingga performa mesin tidak maksimal.

Setidaknya terdapat tujuh komponen atau spareparts sepeda motor yang perlu diganti secara berkala, di antaranya :

 

  1. Oli Mesin

Oli mesin mempunyai peran sangat penting pada sepeda motor. Pemilik motor diwajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan rutin karena bagian ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan.

“Idealnya oli mesin diganti dengan batasan maksimal setiap empat bulan sekali atau ketika sudah memasuki jarak tempuh 4.000 km. Namun perlu diperhatikan, penggantian oli ini turut didasarkan pada kondisi jalan atau jarak yang ditempuh bahkan kondisi cuaca atau lingkungan sekitar. Karena semakin jauh jarak tempuh yang dilewati, maka penggantian oli bisa lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan,” ujar Ade.

 

  1. Busi

Busi sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja. Apabila busi pada sepeda motor sudah kotor atau bahkan melewati batas jarak pemakaian, sebaiknya diganti dengan busi yang baru. “Pergantian busi disarankan saat sepeda motor telah digunakan sudah menempuh jarak 8.000 km,” kata Ade.

Perawatan motor Mekanik sepeda motor Honda mengganti busi sepeda motor milik konsumen yang sedang melakukan servis di bengkel resmi Honda atau AHASS
Mekanik sepeda motor Honda mengganti busi sepeda motor milik konsumen yang sedang melakukan servis di bengkel resmi Honda atau AHASS
  1. Saringan Udara

Saringan udara atau filter udara mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menunjang keawetan komponen mesin. Terutama komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran seperti Piston, Cylinder Comp, Ring Piston dan komponen lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan