Upacara HUT Ke-76 RI di Cimahi Tetap Khidmat Meski Berlangsung Terbatas

CIMAHI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI di Kota Cimahi tetap berlangsung secara khidmat di tengah pandemi Covid-19. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Gedung Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Selasa (17/8).

Upacara yang digelar di tengah pandemi ini dilaksanakan dengan sangat terbatas dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang ketat.

Acara HUT RI ke-76 diikuti oleh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Danrem 06/02, Asistem Operasi Gartap (ASORGATAP) 2 Bandung, TNI, Polri, dan ASN.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, peringatan HUT RI Ke-76 ini sesuai instruksi dari Kementrian Sekretariat Negara dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan mengundang personil yang terbatas.

“Hari ini upacara mengikuti petunjuk atau instruksi dari Kementrian sekretariat negara juga dari Kemendagri sehingga kita melaksanakan kegiatan upacara ini dengan personil yang terbatas,” kata Ngatiyana, Selasa (17/8).

“Personil yang hadir pun hanya terbatas dengan Forkopimda, Danrem 06/02. Juga ASORGATAP 2 Bandung yang telah hadir di sini, juga para asisten yang hadir di lapangan upacara dari perwakilan TNI/Polri, Satpol PP, dan Dishub. Ini hanya perwakilan, kita melaksanakan dengan sederhana mungkin, tetapi khidmat bisa berjalan dengan baik,” lanjut Ngatiyana.

Ngatiyana menyampaikan acara ini berjalan dengan baik dan lancar. Dia berpesan agar momentum ini menjadi pengingat untuk menghargai para pahlawan yang berjuang mati-matian untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

“Maknanya adalah peringatan ulangtahun kemerdekaan Indonesia dengan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, sehingga kita wajib memperingati hari kemerdekaan,” ujarnya.

Ngatiyana bersyukur di hari kemerdekaan ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Cimahi semakin menurun.

“Di tengah pandemi covid-19 yang semakin menurun Cimahi, Alhamdulillah mudah-mudahan segera cepat pulih kembali. Cimahi Jawa Barat, bangsa Indonesia bisa kembali lagi pulih. Mudah-mudahan pandemi covid-19 segera berakhir,” ucapnya.

“Nah, ini di tengah-tengah seperti inilah upacara yang sangat sederhana, kerja keras, dan kerja sama antara TNI, Polri, ASN, dan Forkopimda semua. Upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dilaksanakan dengan aman, tertib, dan lancar,” tutupnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan