Ini Strategi Kota Depok untuk Pulihkan Ekonomi ke Depan

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang berupaya memulihkan kondisi ekonomi yang rontok akibat hantaman pandemi Covid-19.

Upaya yang tengah coba dilakukan saat ini adalah mendesain kembali proyeksi pembangunan ekonomi pasca pandemi dengan tujuan menggeliatkan sektor tersebut agar kembali tumbuh dan berkembang.

Beberapa langkah strategi pembangunan yang sedang digodok memiliki target tersendiri yakni bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat, menurunkan angka kemiskinan dan mengatasi masalah pengangguran.

“Hal itu dapat ditempuh melalui pembukaan peluang pasar produk kreatif berbasis teknologi dan informatika dan peningkatan keterampilan tenaga kerja yang berorientasi pada penciptaan wirasusaha baru dan pasar kerja berbasis potensi lokal,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (17/8).

Lebih lanjut, pihaknya juga menyebut akan mendorong pengembangan potensi wisata unggulan, dengan mengedepankan quality tourism yang diarahkan pada destinasi wisata alam terbuka melalui kemampuan adaptasi pada Covid-19.

Kemudian, kata dia, yang tak kalah penting adalah meningkatan kualitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu sektor usaha potensial di Kota Depok.

“Selain itu, terus mendorong optimalisasi kerja koperasi yang berdaya tawar tinggi, produktif dan efisien. Ditambah juga pembangunan sarana pemasaran atau tempat usaha bagi pengembangan usaha mikro,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, masih terdapat beberapa program lainnya yang masuk dalam format pembangunan ekonomi pasca Covid-19 yang kini tengah disiapkan. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan