PPKM Berkepanjangan, Khawatir Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Jabar di Triwulan III 2021

Mesti begitu, kata dia, di lapangan masyarakat mulai membiasakan diri menghadapi PPKM. Terlebih dengan adanya pelonggaran kegiatan masyarakat tetap berjalan.

“Kemungkinan bakal tumbuh tapi lebih rendah, ini kita lihat di survei kami Indeks Konsumen, ini sedikit mengalami penurunan yang mengindikasikan konsumen akan mengurangi kosumsinya,” kata Bambang.

Ia menjelaskan, dari industri manufaktur indeks pada bulan Juli 2021 mengalami penurunan. Berdasarkan data dari BI, kata dia, memperkirakan dikeseluruhan tahun 2021 ada kisaran 4 persen .

“Perbaikan ini dipengaruhi sumber pemulihannya. Seperti tingkat kosumsi rumah tangga. Karena paling besar. Dengan adanya ini akan ada dorongan untuk meningkatkan perekonomian khsusunya industri yang memberikan dampak kepada penghasilan rumah tangga,” jelasnya.

Disisi lain, lanjut dia, stimulus pemerintah untuk bantuan sosial dapat menjaga daya beli masyarakat yang terdampak signifikan.

“Berbagai kebijakan mendorong konsumsi kelas menengah diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kosumsi masyarakat disepanjang tahun 2021,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan