Penerapan Ganjil Genap Dapat Kurangi Mobilitas Kendaraan di Kota Bandung

BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan dengan adanya sistem ganjil genap yang diberlakukan di dua ruas jalan Kota Bandung dinilai dapat mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di dua ruas jalan tersebut.

Sebab, dia mengatakan bahwa di dua ruas jalan tersebut, yakni di Jl. Asia Afrika dan Jl. Ir. H Djuanda (Dago) itu, intensitas kendaraannya sangat tinggi.

“Jadi dengan adanya pengaturan ganjil genap ini, sehingga berdampak pada kelancaran yang saat ini diuji coba. Saya lihat jauh lebih baik,” ucapnya saat di Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (15/8).

Ema menuturkan salah satu indikator efektivitas sistem ganjil genap, bisa dilihat dari jumlah kendaraan yang melintas.

“Indikatornya saya tadi udah minta, biasanya begini, dalam jam-jam yang sama keseharian volume kendaraan berapa, kemudian bandingkan dengan sekarang ganjil-genap,” ucapanya

Namun, dia menambahkan dengan adanya hal seperti itu, pihaknya belum dapat menyimpulkan terkait hasil uji coba. Sebab, penerapannya masih dalam tahap uji coba.

“Nanti kita lihat dulu, efektivitasnya seperti apa, dan nanti kita bicara dengan pihak kepolisian. Sekarang ini untuk kesimpulan efektivitasnya, kita belum berani, karena ini juga kan masih uji coba,” pungkasnya. (mg4/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan