Olimpiade Jadi Sasaran DBON, Menpora: Dorong Olahraga Bertumpu Pada Akurasi dan Teknik

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menekankan fokus dan sasaran utama dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) adalah Olimpiade. Untuk itu, cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi bisa terus ditingkatkan untuk berprestasi lebih tinggi.

“Jadi itu sesuai dengan diskusi kita bersama stakeholder olahraga, serta guru besar olahraga dari beberapa perguruan tinggi. Dalam desain besar olahraga nasional, Olimpiade menjadi sasaran utama. Sedangkan Asian Games dan SEA Games adalah sasaran antara,” jelas Zainudin, Minggu (15/6).

Sejumlah cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi di antaranya bulu tangkis, angkat besi, panahan hingga menembak.

“Dalam desain besar olahraga nasional, kita menyimpulkan untuk mendorong cabang olahraga yang bertumpu pada akurasi dan teknik. Ini sesuai dengan kondisi fisik orang Indonesia,” kata dia.

Ia juga mengakui bahwa cabang olahraga tersebut memang kerap diunggulkan dan konsisten tampil di Olimpiade. Sementara itu, sepak bola, bola basket, dan bola voli masuk dalam kelompok industri karena sudah menjalankan kompetisi olahraga secara profesional.

“Untuk mencari talenta itu, kita harus ada sentra pembinaan di daerah. Kita akan kumpulkan talenta dengan target awal 250 ribu, lalu diseleksi hingga akhirnya menjadi 150 elit nasional,” terangnya.

Adapun desain besar ini lahir setelah adanya arahan dari Presiden Joko Widodo saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37. Saat itu, Presiden meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem keolahragaan di Tanah Air.

“Presiden menyampaikan penduduk Indonesia lebih dari 260 juta orang, talenta banyak tapi prestasi tidak menggembirakan dibidang olahraga terutama puncak tertinggi olahraga. Nah, sekarang ini dengan adanya desain besar olahraga nasional, kita harap pembinaan olahraga terdesain dengan baik,” pungkas Menpora.

(Jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan