Tingkatkan Budaya Baca, Diskominfoarpus Cimahi Gelar ‘Literasi Kemerdekaan’

CIMAHI – Dinas Komunikasi, Informatika, Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi menggelar lomba pembaca aktif dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-76 dengan tema “Literasi Kemerdekaan”.

Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi, Mochammad Ronny mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat.

“Agar masyarakat ataupun pelajar terbiasa dengan membaca, jadi membudayakan membaca,” ucap Ronny, Kamis (12/8).

Menurut Ronny, selama masa pandemi covid-19 ini tingkat budaya membaca menurun drastis dengan kisaran 5 hingga 10 persen.

“Makanya kita alihkan kepada buku elektronik atau e-library yang kita punya dan kita menggelar kegiatan ini dengan tema literasi merdeka dimaksudkan adalah dalam rangka kegiatan bulan ini untuk memperingati HUT Kemerdekaan,” sambungnya.

Dikatakan Ronny, pembaca yang paling sering dalam membaca pada buku yang bersifat elektronik ini akan mendapatkan hadiah berupa pulsa dengan Rp. 100.000 serta piala.

Apresiasi berupa hadiah tersebut sebagai bentuk pelecut semangat para generasi muda untuk tingkatkan minat baca.

“Karena masyarakat ada tiga tipe untuk membaca itu dengan kesadaran sendiri, dipaksa, atau dengan reward. Meskipun reward ini bagi orang dewasa kecil. Namun, bagi anak-anak sekolah itu luar biasa bisa memberikan semangat untuk membaca,” tuturnya.

Ia menjelaskan, indikator utama di Diskominfoarpus Cimahi ini pada perpustakaan dalam tingkat budaya pembaca.

“Yang jelas indikator utama di Diskominfo terutama perpustakaan adalah tingkatnya pemustakaan. Nah ini salah satu kegiatan dengan harapan pemustaka bisa lebih banyak,” jelasnya.

Ronny berharap, dengan gelarnya lomba literasi membaca akan menambah wawasan serta pengetahuan pada masyarakat dan bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

“Pemustaka (pembaca) bisa lebih banyak, masyarakat menambahkan wawasan pengetahuan dapat dimanfaatkan apa saja yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

“Kegiatan ini rutin mulai dari bulan puasa dengan ngabuburead, kemudian dengan readvaganza, ada anniversaread dalam rangka grup kota dan sekarang literasi merdeka. Saya kira akan dilanjutkan sejenis pada bulan berikutnya yang tujuannya untuk meningkatkan budaya membaca,” tutupnya.

Kegiatan lomba pembaca aktif dalam rangka “Literasi Kemerdekaan” membuka periode pendaftaran dari tanggal 11-31 Agustus 2021, pendaftaran melalui kontak person dengan 0822-1395-4162 (Annisa). Dengan syarat berlaku bagi seluruh masyarakat Kota Cimahi dan anggota eLib.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan