Selain Covid-19, Lurah Depok Imbau Warga Waspadai DBD

DEPOK – Masyarakat semenjak dua tahun terakhir ini diimbau agar mewaspadai bahaya penyebaran Covid-19. Wabah virus yang ditetapkan sebagai pandemi global ini pun membawa kepanikan dan kekhawatiran bagi masyarakat.

Di Kota Depok sendiri, penyebaran virus mematikan ini bahkan sempat mencatatkan rekor tertinggi yang membuat Pemerintah Daerah (Pemda) maupun seluruh warga Depok berada dalam situasi kritis dan serba panik.

Meski begitu, selain kewaspadaan terhadap penularan Covid-19, warga juga diingatkan agar tetap mewaspadai jenis penyakit lainnya seperti Demam Berdarah yang juga memiliki dampak tak kalah berbahaya dengan pandemi Covid-19.

Imbauan agar warga juga perlu menjaga kesehatan dari paparan virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang menjadi pemicu demam berdarah, diutarakan oleh Lurah Depok, Pancoran Mas, Audi Wira Saputra.

Menurutnya, penyakit DBD termasuk jenis penyakit endemik yang siapapun dapat terjangkit. Karenanya, ia memgimbau supaya masyarakat dibentengi dengan kesehatan fisik yang maksimal.

“Caranya gimana, ya masyarakat harus wajib menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar dari serangan penyakit DBD,” kata Audi, Rabu (11/8).

Belum lagi, kata dia, saat ini sedang memasuki musim pancaroba yang mana kondisi ini sangat rentan terjadi penularan penyakit demam berdarah.

“Kini kita sedang memasuki musim pancaroba untuk itu warga harus rajin membersihkan lingkungan, terutama di tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk pembawa penyakit DBD,” pungkasnya. (mg12/ran)

Tinggalkan Balasan