PPKM Diperpanjang, Plt Wali Kota Cimahi Akan Berikan Kelonggaran

CIMAHI – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Cimahi masih diperpanjang hingga 16 Agustus 2021 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana menyampaikan, dari aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 tahun 2021 bahwa PPKM Level 4 masih diperpanjang.

“Hari ini akan kita bahas bahwa Inmendagri Nomor. 30 tahun 2021 sudah turun bahwa Kota Cimahi masih tetap level 4 berarti dalam arti PPKM masih diperpanjang,” kata Ngatiyana, Selasa (10/8).

Dia menuturkan, walaupun PPKM Level 4 diperpanjang, tetapi ada kelonggaran dalam melakukan aktivitas di luar rumah seperti tempat ibadah yang hanya bisa dibuka 25 persen.

“Ada kelonggaran saya lihat, ya sedikit belum baca semua tetapi ada kelonggarannya salah satunya tempat ibadah bisa buka 25 persen artinya bisa dilaksanakan beribadah dengan cara janjian atau sebagainya termasuk protokol kesehatan di laksanakan,” terangnya.

Ngatiyana menerangkan, ia akan ikuti arahan dari pusat terkait dengan kelonggaran-kelonggaran pada aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Kita ikuti petunjuk dari pusat, kita laksanakan, tetapi untuk pelaksanaan di lapangan hasil musyawarah dari kita bagaimana bisa ada kelonggaran-kelonggaran dan lain-lain,” ujarnya.

Selanjutnya, ia pun menyampaikan, kasus positif Covid-19 di Kota Cimahi sudah menurun di awal pekan Agustus. Namun ia meminta aturan protokol kesehatan jangan sampai kendor.

“Penurunannya ada, Alhamdulillah saya sampaikan dari awal bulan Juni ada 1.500 sekian reaktif (kasus positif covid-19) sekarang menurun. Kemarin saya lihat sudah lakukan penurunan dalam kasus reaktif di Kota Cimahi,” jelasnya.

Penurunan kasus Covid-19 di Kota Cimahi terjadi, karena dengan adanya kegiatan vaksinasi yang terus digencar oleh Pemkot Cimahi.

“Dengan adanya vaksinasi yang seimbang baik ditingkat sekolahan 12-17 tahun, juga serbuan dari provinsi di Cimahi Technopark, di Brigif 5 Kujang, juga di Dustira, di STIKES Unjani, Alhamdulillah vaksinnya berjalan terus dan lancar, mudah-mudahan ini bisa meningkat daya tahan tubuh sehingga tidak terpapar covid-19,” ucapnya.

Dijadwalkan sore ini, pihaknya akan membahas dengan Forkopimda terkait pelaksanaan evaluasi PPKM di Kota Cimahi.

“Mudah-mudahan ada keringanan tetapi kita tetap berpatokan kepada Inmendagri yang bertingkat hulu,” tutupnya. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan