PPKM Diperpanjang, Pemkab Sumedang Berlakukan Aturan Ganjil Genap

BANDUNG – Seiring perpanjangan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021, sistem ganjil genap di wilayah jalur jalan protokol Sumedang masih tetap diberlakukan. Namun, penyekatan total sudah tidak diberlakukan lagi.

“Dengan beralihnya dari penyekatan total ke kebijakan ganjil genap diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk tetap beraktivitas meski dibatasi PPKM,” ucap Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Jumat (6/8).

Dikatakan Dony, ganjil genap diterapkan masih dalam rangka mengurangi kegiatan masyarakat keluar rumah, namun praktiknya lebih humanis.

“Pemberlakuan ganjil genap ini bukan bertujuan untuk mengurai kemacetan karena kita bukan kota besar. Tetapi lebih dalam rangka PPKM,” katanya.

Ia menambahkan, ketika masih ada penutupan jalan, angkutan umum, PKL, ojek, dan layanan antar sama sekali tidak bisa masuk jalan protokol sehingga usaha mereka pun terganggu.

“Dengan sistem ganjil genap, para pengemudi angkutan, pedagang kaki lima, ojek, layanan delivery dan lainnya tetap bisa mendapatkan pendapatan karena diperbolehkan masuk ke jalan-jalan di kota. Ini yang kita harapkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut bupati, sistem ganjil genap menjadi strategi jangka panjang penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang.
“Sekali lagi saya tekankan bahwa pemberlakuan ganjil genap ini adalah ikhtiar pemerintah daerah dalam menangani Covid-19 dengan membatasi kegiatan masyarakat melalui cara yang lebih humanis,” terangnya.

Perspektif Gas dan Rem

Dalam penanganan Covid-19, pihaknya juga akan menerapkan perspektif “Injak gas dan rem” antara kesehatan dan ekonomi sesuai porsinya masing-masing.

“Ketika kasus Covid-19 naik, kesehatan yang kita gas, dan ekonomi kita rem. Namun sebaliknya, ketika Covid-19 melandai, maka kesehatan yang direm dan ekonomi yang digas,” ujarnya.

Menurutnya, PPKM terbukti efektif menurunkan terkonfirmasi aktif, BOR dan jumlah pasien yang meninggal, serta meningkatkan jumlah pasien sembuh.

“Catatan hari ini BOR turun dari hari sebelumnya. Semula 63,42% sekarang 60,60% Positivity Rate juga kembali turun. Pengujian sebelumnya di angka 29,33% dan pengujian terakhir di angka 21,27%,”

Terkait capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang, ia mengaku sudah sekitar 16 persen.

“Kami akan terus gencarkan vaksinasi ini dan memaksimalkan 35 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumedang. Per Puskesmas 200 sasaran. Kemudian memaksimalkan mobile vaksin, tiap Rabu dan Kamis di Islamic Center ada Pos Vaksin yang dibantu oleh Urkes Polres, Kesdim, Brimob dan Yonif,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan