Taati PPKM, Perayaan Tahun Baru Islam di Masjid Raya Bandung Ditiadakan

BANDUNG – Peringatan tahun baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam jatuh pada hari esok (10/08) . Hari besar ini sering diperingati dengan berbagai acara dan kemeriahan yang diadakan di sejumlah tempat di Indonesia. Tak terkecuali Masjid Raya Bandung, masjid yang mampu menampung ribuan jemaah tersebut tidak akan menyelenggarakan acara apapun pada musim PPKM Level 4 ini.

“Teu aya, sepi masih PPKM (Tidak Ada, Sepi masih PPKM).” Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja pada Senin (09/08)

Berbeda dengan tahun sebelumnya saat aturan PPKM belum diterapkan, kegiatan tahun baru Hijriyah tetap diadakan namun dengan peserta yang terbatas, itupun hanya tausiyah yang dihadiri para pengurus sambil disiarkan secara daring.

Meski pekan ini ditetapkan sebagai penghujung masa perpanjangan PPKM Level 4, dirinya mengaku masih belum mengetahui akan seperti apa perkembangan PPKM selanjutnya.

Mengingat diharuskannya penerapan protokol kesehatan yang ketat, ia memutuskan untuk tidak melangsungkan acara (Perayaan Hari Besar Islam) PHBI demi menaati aturan dan mencegah persebaran kasus positif Covid-19. Tahun Baru Hijriyah memang selalu diperingati dengan berbagai acara mulai dari pawai obor, tausiyah keagamaan, doa bersama hingga kirab kebudayaan.

“Kita belum berani mengadakan. Sekarang tidak ada sama sekali, iya kita patuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Hingga saat ini Masjid Raya Bandung masih dijaga ketat dan hanya boleh digunakan oleh para aparat keamanan yang bertugas juga pihak pengurus masjid, belum digunakan untuk khalayak umum seperti sedia kala. (ela)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan