Menko Airlangga Sangat Mendukung Pendirian Sentra Vaksin Diberbagai Daerah

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sangat mendukung keberadaan sentra-sentra vaksin dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk melakukan vaksin setiap saat.

Menurutnya, vaksinasi bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit. Seseorang yang sudah divaksinasi akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik karena vaksin menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

‘’Sistem kekebalan tubuh dapat secara aktif melawan penyakit tertentu, sehingga kemungkinan terjadinya gejala berat pada orang yang sudah divaksinasi akan lebih kecil,’’kata Airlangga dalam kunjungannya ke sentra Vaksinasi Kanisius yang berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senin, (09/08)

Dia mengatakan, berdasarkan data pada 7 Agustus 2021 pukul 18.00 , status vaksinasi di Indonesia telah mencapai 23,99% dari total sasaran vaksinasi sebesar 208.265.720.

‘’Untuk vaksinasi dosis pertama, dan 11,30% untuk vaksinasi dosis kedua. Pencapaian tersebut tidak lepas dari peran kerjasama antara Pemerintah, swasta dan masyarakat,’’kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Kanisius mendapat sambutan masyarakat yang datang untuk divaksinasi. Bahkan, asa dari kalangan lansia dan difabel.

“Kami mengapresiasi civil society untuk ikut serta membuat sentra-sentra vaksin. Sentra Kanisius adalah yang pertama dan ini menginspirasi para alumni tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kedatangan vaksin harus diimbangi dengan laju tenaga kesehatan sebagai vaksinator.

Pada Bulan ini akan datang lebih dari 70 juta dosis vaksin. Sedangkan pada Januari-Juli lalu menerima 90 juta dosis vaksin.

‘’Bulan Agustus ini kita akan kedatangan 70 juta. Jadi bisa dibayangkan nanti kecepatan penyuntikannya harus banyak,” tutur Menkes Budi.

Sentra Vaksinasi Kanisius sendiri berkordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dan Tim Medis dari Pro Sehat.

Dalam operasiobalnya, melibatkan 400 orang tenaga Kesehatan. Dibagi ke dalam dua regu dan dibantu oleh 150 orang tenaga non kesehatan.

Sentra Vaksinasi Kanisius yang diinisiasi oleh Yayasan AM64 ini berlangsung di JCC dari tanggal 5-18 Juli 2021 (penyuntikan dosis pertama) dan 2 Agustus sampai dengan 15 Agustus (penyuntikan dosis kedua).

Sentra Vaksinasi Kanisius buka setiap hari (Senin-Minggu) antara pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Mengusung tema “Aman-Halal-Gratis”, vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum. (ag/fsr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan