Tips Merawat Kesehatan Hewan Peliharaan Selama Pandemi Covid-19

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat semua orang lebih banyak berada di rumah. Alhasil, selain berkumpul bersama keluarga, mereka juga lebih banyak waktu untuk menyalurkan hobi salah satunya memberi perhatian lebih pada hewan peliharaan. Tak hanya kesehatan manusia, kesehatan hewan juga penting.

Situasi pandemi juga menuntut kemampuan beradaptasi para pet parents memperoleh banyak kesempatan dalam memberikan perhatian lebih kepada hewan kesayangan, di mana perawatannya juga terdampak oleh pandemi. Dalam webinar bersama Royal Canin dalam kampanye #SayangiLebihLakukanLebih, para pencinta hewan diberikan tips bermanfaat untuk perawatan hewan kesayangan. Salah satunya penting memperhatikan nutrisi untuk hewan kesayangan.

Sebuah survei dari Rakuten Insight pada Januari 2021 lalu, diketahui bahwa 47 persen responden di Indonesia memiliki kucing, sedangkan 10 persen responden lainnya memelihara anjing. Selain penyesuaian gaya hidup, tren adopsi hewan tentunya turut menambah populasi hewan kesayangan di Indonesia. Penambahan tersebut beriringan dengan peningkatan kebutuhan teman pendamping dalam melawan perasaan stres dan kesepian di masa pandemi yang membatasi aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, dampak baik bagi manusia ini juga diikuti oleh pengaruh negatif pada hewan kesayangan. Sebuah studi dari University of York, England yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada September 2020 lalu, menyebutkan bahwa kondisi pembatasan kegiatan di masa pandemi menimbulkan kekhawatiran baru di kalangan pet parents. Seperti keterbatasan aktivitas fisik hewan kesayangan, menurunnya akses terhadap perawatan hewan, hingga kemampuan hewan kesayangan dalam beradaptasi di era pasca pandemi nanti. Maka penting menjaga pertumbuhan dan kesejahteraan hewan di masa depan, yaitu dengan memberikan perawatan dan nutrisi yang tepat.

Novi Wulandari, Dokter Hewan, dan Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia menyatakan bahwa

“Kesehatan hewan kesayangan adalah prioritas utama kami. Wajib memfokuskan perhatian pada kebutuhan nutrisi kesehatan khusus kucing dan anjing. Komitmen terhadap detail itulah yang memungkinkan memberikan nutrisi yang tepat, lengkap dan seimbang, serta dapat membantu mereka menjadi yang terbaik,” kata Dokter Hewan dan Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia Novi Wulandari dalam webinar aplikasi Royal Canin Club, baru-baru ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan