PHRI Jabar Prediksi Bakal Banyak Hotel dan Restoran Kembali Tutup Permanen

BANDUNG – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat (Jabar), Herman Muchtar menyebutkan, sebanyak 560 hotel dan 280 restoran telah tutup permanen selama 2020.

Menurut Herman, penutupan permanen itu, merupakan dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi selama hampir 1,5 tahun di Indonesia, khususnya di sektor hotel dan restoran yang sepi pengunjung.

“Jumlah itu akan bertambah pada tahun 2021 ini. Saya sedang data, sekarang ini ada kemungkinan lebih besar dari pada bulan Juni. Cuma jumlahnya belum tahu persis,” ujar Herman di Bandung, Minggu (8/8).

Mesti begitu, dirinya mencotohkan bahwa sudah ada enam hotel di Cihampelas Bandung yang tutup. Keennam hotel tutup ini, kata Herman, disebabkan tidak adanya tamu, terlebih adanya penerapan PPKM.

Menurutnya, kini angka okupansi atau keterisian kamar hotel juga hanya berkisar di bawah lima persen. Ia menuturkan, selama masa pandemi ini, bisnis hotel dan restoran semakin terpuruk.

“Penurunan tingkat hunian hotel rata-rata saat ini di bawah lima persen per Juli 2021. Penutupan mal atau pusat perbelanjaan pun memaksa penghentian operasional restoran atau rumah makan secara total,” tuturnya.

“Kalau dulu tidak ada hotel besar yang tutup, sekarang hotel bintang 3 dan 4 sudah ada empat yang tutup di Kota Bandung,” tambahnya.

Herman juga mengungkapkan dengan ditutupnya hotel, maka terjadi pembatalan pesanan baik itu kamar maupun kegiatan yang sudah terencana, serta pengembalian DP (down payment) kepada pihak konsumen.

Dilarangnya dine in (makan di tempat), lanjut Herman, juga berdampak pada penurunan dari rumah makan, kafe, dan restoran itu sendiri. Maka terjadi penurunan income perusahaan secara drastis (hampir ke titik 0).

“Akibat penuruan pendapatan yang signifikan itu, kini beberapa perusahaan bertambah beban dan tidak dapat membayar sejumlah tagihan,” pungkasnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan