Gubernur Sebut 60 % Pasien Covid di Jabar, Isoman di Rumah Tak Layak

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa sebanyak 60 persen warganya yang tengah isolasi mandiri (isoman) berada di tempat yang tidak layak huni.

“Saya baru ketemu datanya, 60 persen pasien covid di Jawa Barat yang di rumah, si rumahnya itu tidak layak. Karena terlalu kecil,” ujar Emil – sapaan Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Rabu (28/7).

“Akibatnya yang tadi hanya bapaknya saja, tiba-tiba menularkan ke anaknya,” lanjut Emil.

Maka dari itu, tim satgas jawa barat bakal melakukan tracing dan menarik masyarkat tersebut ke pusat isolasi terpadu untuk menjalani pemulihan diri dari covid-19.

“Nah ini kita sedang mencari data 60 persen yang tidak layak, itu sudah ditugaskan oleh pak Luhut,” ujarnya.

Dia menambahkan saat ini Pemprov sedang menyiapkan tempat isoman yang terkonsentrasi di asrama universitas dan pusat-pusat pendidikan milik kementrian. Seperti universitas padjajaran yang saat ini dalam tahap persiapan dan universitas telkom yang sudah masuk dalam tahap finalisasi.

Setelah itu, hal yang musti disiapkan kedepan yakni perlengkapan penunjang seperti kasur. Ribuan kasur bakal masuk ke jabar dalam minggu ini.

“Pada saat si gedung ada kan harus ada kasurnya dan Alhamdulilah saya dapat sumbangan ribuan kasur, kita telpon orang Thailand, bersimpati dan kemudian mengirim ribuan dalam minggu ini,” tutupnya. (boy)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan