Kelurahan Tanah Baru Rencana Memulai Tradisi Depok Bersedekah

DEPOK – Kegiatan berderma menurut banyak orang memiliki dampak positif dalam membangun tatanan kehidupan sosial. Hal itu dikarenakan derma atau sedekah memiliki manfaat luar biasa dalam memperkuat kohesivitas (ikatan) sosial.

Berpijak pada keyakinan itu, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, di tengah momentum kegersangan sosial ekonomi akibat terpaan pandemi Covid-19 berupaya memulai tradisi baru lewat kegiatan Depok Bersedakah agar dapat keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan mengungkapkan, giat bersedekah rutin itu terinspirasi dari program Depok Sedekah Bersama dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Bukan hanya sekali, ke depan kegiatan bersedekah akan dirutinkan setiap dua pekan sekali,” kata Zakkya, Jumat (6/8).

Meski begitu, kata dia tradisi bersedekah telah lama dibangun di wilayahnya. Menurutnya, warga setempat sudah terbiasa bersedekah sosial untuk membantu meringankan beban warga yang sedang kesusahan.

“Yang terbaru warga rutin menggalang donasi di tempat masing-masing yang dihimpun oleh lumbung pangan Kampung Siaga Tangguh Jaya di setiap RT-RW,” paparnya.

Setelah hadirnya program Depok Bersedekah Bersama, kata dia justru semakin memupuk semangat dan motivasi warga untuk meningkatkan tradisi tersebut.

“Harapan kita, tentu dengan adanya giat kemanusiaan ini hubungan kekeluargaan antar sesama semakin erat terjaga, sehingga tujuan membangun masyarakat yang rukun harmonis sejahtera dapat terwujud,” tandasnya.

“Dalam paket bantuan tersebut terdapat suplemen, vitamin, produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan sembako,” pungkasnya. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan