Elektabilitas Puan Maharani Nol Koma, Apa Bisa Nyapres?

JAKARTA – Elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani sangat rendah. Angkanya hanya 0,6 persen. Ketua DPP PDIP itu menempati posisi ke-12 dalam survei Indostrategic. PDIP optimistis beberapa bulan elektabilitas Puan bakal tinggi.

“Saat survei itu dilakukan memang belum ada agenda sosialisasi Mbak Puan ke daerah-daerah. Namanya juga survei. Nanti kita lihat beberapa bulan lagi,” ujar Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah di Jakarta, Rabu (4/8).

Menurutnya, periode survei Maret-Juni 2021, Puan masih sibuk dengan kerja-kerja di DPR dan penanganan COVID-19. Selain ituPDIP belum mendeklarasikan Puan sebagai capres atau cawapres.

“Lagi pula belum ada deklarasi Mbak Puan untuk maju sebagai capres atau cawapres. Selama ini memang Mbak Puan fokus pada tugas kenegaraannya sebagai Ketua DPR. Kemudian, sibuk mengawasi pemerintah dalam pelaksanaan penanganan pandemi COVID-19,” imbuhnya.

Dikatakan, Puan selalu taat asas pada aturan partai. Artinya, selama belum ada keputusan resmi calon presiden/wakil presiden untuk Pilpres 2024 yang diputuskan oleh Ketua Umum PDIP, maka tidak boleh ada kader partai yang melanggar aturan.

Basarah yakin elektabilitas Puan Maharani akan lebih tinggi jika dilaksanakan pada September 2021 mendatang. “Jika survei dilaksanakan pada September 2021, saya yakin popularitas Ketua DPR akan tinggi,” jelasnya.

Seperti diketahui, lembaga Indostrategic merilis survei elektabilitas calon presiden 2024. Puan Maharani berada di urutan ke-12. Survei ini dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Pengawasan dilakukan dengan metode multistage random dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2 persen.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari survei Indostrategic, elektabilitasnya berada di angka 6,4 persen.

“Pilpres 2024 belum saatnya untuk dibahas. Karena pandemi saat ini menjadi prioritas. Tak pantas membahas pilpres di saat rakyat banyak yang sedang susah,” kata Kepala Bakomstra PD, Herzaky Mahendra Putra.

Dia menyebut, naiknya elektabilitas Demokrat dan AHY di survei merupakan buah dari kerja keras seluruh kader membantu penanganan pandemi Corona di Indonesia. (rh/sirip)

Elektabilitas Capres 2024 Versi Indostrategis:

Prabowo Subianto : 17,5 persen

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan