PPKM Diperpanjang, Begini Pernyataan Resmi Presiden Joko Widodo

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Perpanjangan tersebut dimulai sejak 2 hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

Berikut Pernyataan Presiden Jokowi Selengkapnya:

Bapak ibu dan saudara-saudara yang saya hormati

Kebijakan kita dalam penanganan pandemi COVID-19 ini akan bertumpu kepada tiga pilar utama. Pertama, kecepatan vaksinasi terutama di wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi. Kedua penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat.

Ketiga kegiatan pencicipan, penelusuran, isolasi dan perawatan secara masif, termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas kebebasan serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen.

PPKM level 4 yang diberlakukan pada tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus kemarin telah menunjukkan perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik dalam konfirmasi kasus harian tingkat-tingkat peningkatan dan persentase BOR.

Oleh karena itu dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu dengan menyesuaikan pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah.

Hal-hal teknis selengkapnya akan dijelaskan oleh Menko dan menteri terkait. Dan untuk mengurangi beban masyarakat akibat dari beban kerja dan aktivitas sosial ekonomi, pemerintah tetap mendorong percepatan dalam pemberian bantuan sosial bansos untuk masyarakat, program keluarga harapan PKH, bantuan sosial tunai dan BLT desa.

Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan dan program banpres produktif usaha mikro sudah mulai diluncurkan pada tanggal 30 Juli yang lalu.

Bapak Ibu dan saudara-saudara yang saya hormati

Walaupun sudah mulai ada perbaikan, namun perkembangan kasus COVID-19 masih sangat dinamis dan fluktuatif. Sekali lagi kita harus terus waspada dalam melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan kasus COVID-19 ini.

Saya sangat mengapresiasi partisipasi dan dukungan dari para relawan dan para dermawan yang ikut membantu pemerintah untuk memastikan protokol kesehatan, memfasilitasi isolasi mandiri dan upaya-upaya sosial lainnya.

COVID-19 adalah tantangan yang harus kita atasi melalui usaha dan kerja keras serta pengorbanan kita dalam menjalani berbagai pembatas kegiatan ini. Insya Allah kita akan segera terbebas dari pandemi COVID-19.

Tinggalkan Balasan