oleh

Catat! Begini Syarat Penderita Diabetes Divaksin Covid-19

JAKARTA – Banyak penderita penyakit diabetes yang takut divaksinasi. Alasannya, apabila divaksin justru akan memperberat penyakitnya. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Penderita diabetes yang tidak memiliki kondisi akut boleh melakukan vaksinasi COVID-19.

“Selama tidak ada penyulit atau kondisi yang akut misalnya infeksi berat atau ada luka yang besar, itu boleh ikut vaksinasi COVID-19. Tetapi jika ada kondisi tersebut, maka vaksinasinya ditunda,” ujar dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog, Dirga Sakti Rambe di Jakarta, Kamis (29/7).

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Depok Menurun, DKR Gencar Sosialisasikan Cuci Hidung dan Ramuan 131

Menurutnya, screening sebelum melakukan vaksinasi COVID-19 bagi penderita diabetes sudah disederhanakan. Hal itu mengingat, di beberapa daerah cukup sulit untuk sekadar melakukan cek gula darah.

Jika sebelumnya patokan bagi penderita diabetes sebelum melakukan vaksinasi adalah tingkat gula darah, Dirga mengatakan saat ini vaksinasi dapat dilakukan jika tidak memiliki kondisi akut.

Dikatakan, diabetes tipe 1 maupun tipe 2, diperbolehkan melakukan vaksinasi COVID-19. “Diabetes ada tipe 1 dan tipe 2, keduanya boleh vaksinasi COVID-19. Tidak ada masalah,” paparnya.

Baca Juga:  Kemensos Anggarkan Rp76 triliun untuk Program Prioritas Nasional

Namun, Dirga menganjurkan kepada penderita diabetes untuk melakukan cek ke dokter sebelum melakukan vaksinasi. Karena kalangan tersebut memang harus rutin mengetahui bahwa kondisinya terkontrol dengan baik.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga