oleh

Pemerintah Manfaatkan Digital Tracing Lewat Aplikasi PeduliLindungi

JAKARTA – Untuk memantau mengindentifikasi dan menditeksi, pemerintah saat ini sudah memanfaatkan digital tracing atau pelacakan digital.

Teknologi berbasis aplikasi ini diberi nama PeduliLindungi ini dapat mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

Aplikasi ini juga dihubungkan dan terintegrasi dengan sistem dan database yang ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dengan menggunakan QR Code akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan hasil Testing (Tes PCR atau Swab Antigen).

Baca Juga:  Pengendalian Inflasi Punya Peran Penting Agar Ekonomi Tetap Tumbuh

“Jadi Hasil Tracing dengan aplikasi PeduliLindungi akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan Treatment atau penanganan jika diperlukan. Penanganan ini tentunya dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Menko Bidang Perekonimian Airlangga Hartarto.

Masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi di App Store atau Google Play dan kemudian harus mengaktifkan data lokasi (karena aplikasi ini berbasis GPS). Sehingga secara berkala dapat melakukan identifikasi lokasi serta memberikan informasi terkait dengan tingkat risiko lokasi dan zonasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Menko Airlangga Berikan Perhatian Khusus Kepada Provinsi Sulteng untuk menurunkan Angka Penularan COVID-19

Selain itu, Aplikasi ini akan terus didorong untuk digunakan sebagai alat dalam melakukan screening bagi masyarakat yang akan melakukan mobilitas perjalanan udara, kereta api dan lainnya.

‘’Bisa digunakan sebagai Venue Check-in untuk masyarakat yang akan melakukan aktivitas atau memasuki tempat-tempat umum (mal, restoran, toko, bandara, stasiun, tempat wisata, dan lainnya,’’katanya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga