oleh

BMKG Kota Bandung Jelaskan Penyebab Dinginnya Udara pada Beberapa Hari Terakhir

BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung menjelaskan fenomena suhu udara yang dirasa lebih dingin pada beberapa hari terakhir disebabkan karena pergerakan udara dingin dan kering dari Australia.

Peneliti Iklim dan Cuaca BMKG Kota Bandung Iid Mujahiddin memaparkan suhu udara dingin ini merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau, yaitu pada Juli-September.

“Secara umum kondisi ini memang terjadi pada beberapa daerah lain di Jawa Barat, Khusus untuk Bandung Raya memang terasa lebih dingin dibanding hari biasanya,” jelas Iid pada Rabu (28/07).

Indonesia dikenal memiliki dua musim yakni hujan dan kemarau, pada musim kemarau seperti sekarang angin yang berhembus ke wilayah Nusantara adalah angin Australia. Angin ini populer disebut dengan istilah Angin Monsun Australia yang memiliki karakter dingin tetapi kering.

Menurut Iid pada musim kemarau angin yang dikenal juga sebagai angin pasat tenggara lebih dominan, faktor lainnya adalah karena saat ini di Australia masih musim dingin. Angin pasat tenggara yang bertiup pada belahan bumi selatan ini berbeda dengan angin Asia yang memiliki karakter lebih lembab dan uap air yang lebih banyak.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga