Begini Strategi Dinkes Kota Bandung dalam Percepatan Vaksinasi Lansia

BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara untuk mempercepat vaksinasi bagi lansia, pihaknya melakukan pendekatan kepada lansia supaya tertarik untuk melakukan suntik vaksin.

“Mereka lebih banyak bisa hadir karena dia (lansia) lebih nyaman kumpul dengan yang kenal,” ujarnya di Gedung Binangkit PKK Kota Bandung, Rabu (28/7).

Berdasarkan yang didapatkan dari Dinkes Kota Bandung, sudah 52,20 persen lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, berarti sudah 107.599 lansia sudah mendapatkan vaksinasi dari total target 206.046 lansia.

Menurutnya untuk menjangkau lansia, pihaknya melakukan pendekatan pada skala kecil yaitu ditingkat kewilayahan, mulai dari tingkat RW hingga kelurahan.

“Jadi pertama mendekatkan kepada mereka, vaksin di RW, kelurahan lebih banyak bisa hadir karena dia lebih nyaman dan dekat,” katanya.

Ahyani menuturkan lansia yang mendapatkan vaksinasi diberikan kebebasan dengan diperbolehkan diantar keluarganya sampai proses penyuntikkan vaksin.

“Kedua Edukasi sosialisasi pada keluarga yang memiliki lansia. Kita Pola satu-satu waktu itu jadi kalau yang nganter walaupun usianya belum sesuai dengan syarat vaksin kita bolehkan, atau bila ada penyelenggara mitra di luar pemerintah boleh selenggarakan harus bawa lansia satu banding satu atau dua banding satu,” pungkasnya.

(MG8/nur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan