Masjid Merupakan Penyelamat dari Azab Allah

Juga dalam hadits yang lain disebutkan, “Jadikanlah kalian di dunia ini seakan-akan tamu, jadikanlah masjid-masjid sebagai rumah kalian; biasakanlah hati kalian selalu ingat akan Allah, perbanyaklah berpikir dan menangis, serta janganlah hawa nafsu kalian melalaikan kalian dari perkara akhirat. Kalian membangun rumah-rumah yang tidak akan kalian tempati (untuk selamanya), dan kalian mengumpulkan harta yang tidak akan kalian makan (untuk selamanya), serta kalian mencita-citakan hal-hal yang tidak bakal kalian capai.” (HR. Abu Na’im melalui al-Hakam ibnu Umair).

Jadikanlah masjid sebagai rumahmu, yakni gunakanlah sebagian waktumu untuk solat dan beriktikaf di dalam masjid.

Ada orang-orang yang mendapat naungan dari Allah di bawah ‘Arasy-Nya pada hari yang tiada naungan kecuali hanya naungan-Nya ialah orang-orang yang mengamalkan ketiga hal berikut, yakni mengerjakan wudhu dengan sempurna di waktu malam yang sangat dingin, berangkat ke masjid untuk menunaikan salat jamaah di malam yang gelap, dan suka memberi makan kepada orang yang kelaparan.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah bersabda, “Ada tiga perkara, barangsiapa ketiganya dimiliki olehnya, niscaya Allah akan menaungi nya di bawah naungan ‘Arasy pada hari yang tiada naungan kecuali hanya naungan-Nya, yaitu: berwudhu` dalam keadaan yang tidak menyenangkan; berjalan ke masjid di kegelapan malam; dan memberi makan kepada orang yang lapar.” (HR. al-Ashbahani melalui Jabir).

Hadits-hadits yang disebutkan di atas adalah mengutamakan salat berjamaah, dimana salat berjamaah itu dilakukannya di masjid. Semoga kita tetap berusaha untuk menggunakan masjid sebagai tempat salat berjamaah dan masjid merupakan rumah Allah yang membawa keberkahan terhindar dari azab-Nya. Wallahu A’lam bish Shawabi.

 

 

Karsidi Diningrat, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Anggota PB Al Washliyah di Jakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan