Kiprah SMKN 1 Karangtengah Cianjur dan SMK Samudra Nusantara Cirebon melalui Kemitraan dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0

Selain berfokus pada peningkatan mutu para siswa, dalam menjawab tantangan perkembangan industri di teknologi digital, para guru dan tenaga pendidik SMK Pusat Keunggulan juga perlu diberikan penguatan dalam kapasitas kompetensi.

Untuk itu, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bekerja sama dengan Dyandra Academy (PT Dyandra Promosindo) menghadirkan Digital Marketing Development Program dalam hal ini untuk pengembangan guru dan tenaga pendidik SMK di daerah Jawa Barat, Banten, dan Jakarta pada tanggal 1–18 Juni lalu.

Pelatihan digital marketing development program membekali guru dan tenaga pendidik SMK mengoptimalkan peluang strategi digital marketing untuk menjangkau masyarakat dan industri. Oleh karena itu pendidik perlu mengenal berbagai platform dan aplikasi media digital yang memudahkan mereka menerapkan strategi digital marketing.

Dalam penerapannya, SMK Samudra Nusantara yang telah mengoptimalkan website sekolah yang di dalamnya berisi informasi mengenai, profil dan jurusan, berita, bursa kerja khusus, platform penerimaan peserta didik baru hingga e-raport. Strategi digital marketing pun sudah dijalankan di SMKN 1 Karangtengah yang menggunakan beberapa aplikasi sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan dan memberi informasi mengenai sekolah melalui akun Twitter, Facebook dan TikTok milik sekolah.

“Keselarasan kapasitas kompetensi para guru dan tenaga pendidik juga harus ditingkatkan dan implementasi program Digital Marketing Development Program penting dikuasai tenaga pendidik SMK di mana era digital saat ini sangat penting mengoptimalkan teknologi digital terutama untuk memasarkan produk dan jasa dari SMK melalui branding dan marketing agar lebih cepat dan luas dalam menjangkau pasar.” ujar Rumpoko Adi, Director Dyandra Academy.

Tinggalkan Balasan