Keterbatasan Sinyal dan Gadget Masih Jadi Kendala Pembelajaran Jarak Jauh

‘’Kita bagikan kartu perdana gratis yang biayanya diambil dari sekolah lewat dana bos dan biaya operasi sekolah daerah,’’ujar dia.

Kendati begitu, problem yang cukup sulit adalah ketersediaan sinyal. Misalnya daerah di kawasan Jawa Barat bagian selatan, banyak kawasan yang tidak terjangkau sinyal internet.

Garut bagian selatan ada sekitar 400 siswa belajar daring, tapi yang hadir hanya 30. Artinya 370 siswa tidak bisa belajar daring karena tidak ada sinyal.

‘’Jadi ini parah. Kita terus mendesak jangan sampai terjadi lost generation ataupun lost educational,” katanya.

Masalah ini juga sudah disampaikan ke Gubernur untuk segera dibenahi. Kemudian solusinya Pemdaprof akan menjalin kerjasama antara Diskominfo dengan operator untuk membangung insfrastruktur jaringan internet di daerah blank spot.

“Jadi diskominfo mendefinisikan ada daerah yang masih kosong untuk kemudian membangun semacam titik-titik yang bisa diibangun BTS-BTS baru,” katanya.

“Kami juga menekankan Diskominfo melakukan pendataan daerah mana saja di Jabar yang masih blank spot agar pembangun poltisan jaringan internet jadi skala prioritas,” ujar Politisi PKS itu. (mg1/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan