oleh

Kolecer Kotak Literasi Cerdas

Oleh : Ateng Kusnandar Adisaputra

“Ayo kita tingkatkan budaya gemar membaca menuju masyarakat cerdas dan berkualitas,”

itu adalah kata-kata motivasi penuh inspirasi dan sebagai penggugah jiwa dari Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, atau sapaan akrabnya Kang Emil, disampaikan saat peresmian KOLECER (KOtak LitErasi CERdas), hari Sabtu, 15 Desember 2018, bertempat di lapangan Sempur, jalan Sempur No. 1 Kota Bogor.

Kolecer merupakan inovasi dari Kang Emil, untuk mengimplementasikan Misi Ke-2 “Melahirkan Manusia Yang Berbudaya, Berkualitas, Bahagia dan Produktif”, dan juga program unggulan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Kolecer merupakan layanan perpustakaan mini, berupa lemari berbahan besi yang desainnya terinspirasi dari kotak telepon umum yang ada di Kota London Inggris, dengan warna setiap Kolecer berbeda-beda, ada yang berwarna merah, hijau, kuning, biru, supaya menarik untuk dipandang dan dilihat oleh para pemustaka.

Kolecer ditempatkan di ruang-ruang publik seperti : alun-alun, taman, pedestrian, sarana olah raga, terminal, masjid, dan tempat lainnya, bisa mendorong para pemustaka, supaya dengan mudah mendapatkan bahan bacaan sesuai dengan selera dan hobinya.

Kolecer bisa memuat 80 eksemplar bahan perpustakaan yang berasal dari berbagai sumber, baik dari Pemerintah, Dunia Usaha, Komunitas, Organisasi Kemasyarakatan maupun masyarakat luas yang menyumbangkan bahan perpustakaannya untuk disimpan pada Kolecer.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga