Terobosan SMK Al-Mufti dan SMKN 3 Kuningan Sebagai SMK Pusat Keunggulan

JAKARTA– Digitalisasi di berbagai lini menyebabkan fenomena baru dimana pemasaran yang dulunya dilakukan secara konvensional saat ini mulai bergeser dengan menggunakan teknologi internet.

Peran internet yang dapat memasarkan suatu produk maupun jasa membantu segala lini bidang usaha untuk melebarkan sayapnya dengan menggunakan metode digital marketing. Fungsi dari digital marketing sendiri yaitu untuk melakukan branding dan marketing sehingga dapat mempermudah suatu usaha dalam menjangkau target pasar yang lebih luas dan masif.

Segala sektor usaha yang ada saat ini tidak bisa terlepas dari peran penting digital marketing, termasuk usaha dalam bidang pendidikan. Seperti lembaga pendidikan Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) yang sangat membutuhkan pemasaran digital, guna memasarkan berbagai keunggulan lembaganya.

Salah satunya SMK Al-Mufti atau sering disebut “SMAFTI” merupakan SMK unggulan di bawah Yayasan Almufti yang terletak di Kabupaten Subang. Mempunyai beberapa kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ).

Sejak tahun 2016, SMK Al-Mufti bekerjasama dengan PT Astra Daihatsu Motor dengan bentuk kerjasama meliputi sinkronisasi kurikulum, pengajar dari industri, siswa dapat melakukan magang di bengkel resmi Daihatsu, mendapatkan sertifikasi kompetensi guru, donasi mesin dan unit praktek.

Pada Tahun 2019 SMK Al-Mufti mendapatkan akreditasi “A” dari PT Astra Daihatsu Motor untuk penilaian sekolah yang tergabung dalam Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) dan menjadi Daihatsu School Skill Center (DSSC) atau tempat pendidikan dan pelatihan guru dan siswa untuk area Jawa Barat.

Keunggulan lainnya pada SMK Al-Mufti pada tahun 2020 menjadi SMK Center Of Excellence (COE) sehingga peningkatan kompetensi SDM dan sarana prasarana menjadi fokus pengembangan dengan dibangunnya DOJO (Balai Pelatihan) untuk siswa dan guru.

Terdapat sembilan (9) DOJO yaitu Dojo Safety Man, Dojo Fundamental Skill, Dojo Measurement Skill, Dojo Toyota Production System, Dojo Total Productif Maintenance, Dojo Welding, Dojo Electrical, Dojo Overhaul, dan Dojo Service.

“Menjadi salah satu SMK unggulan di Jawa Barat, kami akan memfasilitasi para siswa dengan Balai Pelatihan bertujuan mengasah keterampilan sebagai bekal untuk bekerja baik di industri maupun berwirausaha,” ujar Rusamanudin selaku Kepala Sekolah SMK Al-Mufti.

Tinggalkan Balasan