oleh

Jangan Dulu Panik! Kenali Sesak Napas Saat Anak Tertular Covid-19

Orang tua biasanya merasa panik ketika anak dinyatakan terinfeksi Covid-19. Sebaiknya jangan langsung panik namun ketahui dulu gejalanya. Terutama hitunglah laju napas anak per menit sesuai usianya. Covid-19 merupakan virus pernapasan, maka paru-paru serta laju napas adalah salah satu organ utama yang diserang.

Menurut Dokter Spesialis Anak dr. Lucia Nauli Simbolon, SpA dalam survei Teman Bumil, yang pertama harus dilakukan adalah mengamati gejala pada anak, kemudian lakukan konsultasi online dengan dokter. Pengobatan nantinya akan disesuaikan dengan kondisi anak. Orang tua sebaiknya tidak memberikan obat atau vitamin sendiri tanpa resep dan pemantauan dokter.

Baca Juga:  Telah Capai 129 Juta Dosis, Jumlah Distribusi Vaksin Bio Farma

Dr. Lucia mengatakan bahwa untuk melindungi anak dari Covid-19, orang tua tidak perlu memberikan multivitamin pada anak yang kecukupan gizinya terpenuhi dengan baik (karbohidrat, protein, lemak). Maka cukup tidur, minum air putih yang cukup, dan menghindari makanan tinggi gula dan pengawet.

Menurutnya gejala Covid-19 pada anak bervariasi dari ringan hingga berat, seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, mual, muntah, diare, lemas, hingga sesak napas. Untuk anak yang masih kecil dan belum bisa bicara, gejalanya biasanya tidak mau makan atau menyusu.

Baca Juga:  Kemensos Anggarkan Rp76 triliun untuk Program Prioritas Nasional

“Orang tua juga harus mewaspadai tanda kegawatan dengan menghitung laju napas anak,” ujar dr. Lucia.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga