Juru Sembelih Hewan Kurban Kelurahan Mampang Jalani Tes Antigen

DEPOK – Sebanyak empat petugas penyembelih hewan kurban atau Juru Sembelih Hewan Kurban di Kelurahan Mampang, Pancoran Mas menjalani rapid tes antigen menjelang H-1 lebaran Idul Adha 1442 H.

Kepala Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang, Iva Nur Faridah menuturkan, pemeriksaan dilakukan dalam rangka pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 menjelang Hari Raya.

“Pemeriksaan rapid antigen tes dimaksud untuk mencegah penularan Covid-19 selama Hari Raya Iduladha. Kami akan tetap menerima pemeriksaan antigen di hari Rabu dan Kamis, karena pelaksanaan kurban masih berlangsung sampai Jumat, 13 Dzulhijjah,” katanya, Senin (19/7).

Ia melanjutkan, dari seluruh Julehan yang dites, semuanya dinyatakan negatif. Sehingga petugas diizinkan menjalankan tugasnya.

“Alhamdulillah, semua petugas negatif, dan dapat melaksanakan tugasnya besok saat penyembelihan,” paparnya.

Di samping itu, pihaknya juga sedang menyediakan sebanyak 83 alat tes antigen. Menurutnya, jumlah tersebut disesuaikan dengan total Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Mampang.

“Analoginya tiap satu RT satu juru sembelih, jadi begitu cara menghitungnya. Meskipun ada juga satu orang bisa sembelih hewan kurban di beberapa tempat,” terangnya.

Menurut Iva, imbauan pelaksanaan rapid tes antigen bagi julehan ini telah diinformasikan ke seluruh pengurus RW. Sebab, kata dia, pemeriksaan wajib dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan petugas sebelum menjalankan tugasnya. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan