PMI Depok Salurkan Ratusan Plasma Konvalesen ke Sejumlah Rumah Sakit

DEPOK – Sebanyak 414 kantong plasma konvalesen berhasil dikumpulkan dari penyintas Covid-19 oleh Unit Donor Darah (UUD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok.

Plasma tersebut kemudian disalurkan ke sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Depok untuk diberikan kepada pasien terjangkit Covid-19 yang sedang membutuhkan.

Kepala UDD PMI Kota Depok, Widya Astriyani, menerangkangkan, salah satu kegunaan dari plasma konvalesen adalah sebagai metode imunisasi pasif.

“Terapi plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif dengan memberikan plasma penyintas yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat,” ujarnya, Senin (19/7).

Untuk itu, lanjut dia, melalui bantuan plasma tersebut diharapkan dapat menolong pasien Covid-19 saat ini yang jumlahnya terus bertambah.

Pihaknya mengatakan, sampai sekarang masih tetap gencar lakukan sosialisasi untuk mencari calon pendonor yang memenuhi kriteria.

“Beberapa syarat di antaranya laki-laki dan perempuan. Untuk perempuan adalah yang belum pernah hamil, sudah sembuh dari Covid-19, sehat, bebas gejala selama 14 hari dan memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali. Selanjutnya, pendonor berusia di antara 18-60 tahun dengan berat badan minimal 60 kg,” urainya.

Ia menambahkan, bagi pihak yang ingin mendonorkan plasma bisa langsung menghubungi dr. Yuli Astuti via WhatsApp di nomor 087871299824 dan M. Kartono 0813 1414 0917. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan