oleh

Kini Nelayan Bisa Deteksi Lokasi Tuna dengan Aplikasi Laut Nusantara

JAKARTA – Aplikasi Laut Nusantara semakin canggih dengan kemampuan untuk mendeteksi keberadaan ikan-ikan bernilai ekonomi tinggi. Fitur terbaru ini adalah aplikasi besutan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) – Pusat Riset Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Fitur baru tersebut merupakan pendeteksi keberadaan ikan Tuna Sirip Kuning, Tuna Sirip Biru, dan Albacore. Ketiganya adalah ikan bernilai ekonomi tinggi dan menjadi primadona di pasar dunia yang bisa dimanfaatkan para nelayan sejak Juli 2021.

Baca Juga:  Moeldoko Tegaskan Nelayan Nasional Harus Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, upaya meningkatkan fungsi dan manfaat dari aplikasi Laut Nusantara membantu para nelayan Indonesia agar produktif dan aman sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Kami memang terus berupaya meningkatkan fungsi dan manfaat dari aplikasi Laut Nusantara ini. Visi kami jelas, yaitu membantu para nelayan Indonesia untuk mampu produktif dan aman dalam bekerja sehingga akan meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Marwan dalam keterangan resminya. Sabtu (17/7).

Baca Juga:  Moeldoko Tegaskan Nelayan Nasional Harus Jadi Tuan di Negeri Sendiri

“Apalagi, teman-teman dari BROL memiliki semua kompetensi yang dibutuhkan untuk memperkaya manfaat aplikasi ini, dengan data-data hasil riset yang melimpah, dan bisa diimplementasikan menjadi sarana digital yang mendukung masyarakat nelayan kecil di seluruh Indonesia. Secara bertahap akan terus bertambah fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan kemampuan aplikasi Laut Nusantara.” tambahnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga