PON XX, Perpaduan Olahraga, Keindahan Alam, dan Budaya Papua

Puncak Carstenz, dengan ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut. Puncak ini masuk dalam jajaran tujuh gunung tertinggi di lima benua yang diburu para pendaki. Puncak Carstenz menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua.

Teluk Cendrawasih, jadi surga dunia yang tersimpan di Papua. Di sini terdapat kurang lebih 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan di dunia bawah laut.  Termasuk hiu tutul yang jadi daya tarik Teluk Cendrawasih.

Terakhir, Danau Sentani yang berlokasi di bawah lereng Pegunungan Cyclops ini sudah jadi rahasia umum.

Memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 meter diatas permukaan laut (mdpl). Di sini juga ada hamparan bukit asri Bernama Bukit Teletubies yang melengkapi indahnya Danau Sentani.

Keindahan berbagai tempat wisata ini menjadi berbagai seri promo tematik PON ke-20 bersama dengan masing-masing cabang olahraga PON XX.

Pekan Olahraga Nasional ke-20 rencananya akan diselenggarakan pada 2 – 15 Oktober 2021. Provinsi Papua kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah bagi acara multievent Nasional satu ini. Tepatnya ada 4 kluster yang akan menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

“Nantinya, PON ke-20 ini tidak hanya bertujuan untuk melahirkan atlet berkelas dunia, namun juga untuk memajukan industri pariwisata berbasis alam dan juga budaya,” kata Bamsoet lagi.

“Perhelatan PON XX Papua 2021 ini juga sangat berbeda dengan perhelatan Pekan Olahraga Nasional sebelumnya, karena kali ini diselenggarakan di tengah masa pandemi. Harapannya, PON XX Papua 2021 ini menjadi momentum untuk bangkit dan pulih bersama dari pandemi Covid 19,” tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan