Asrama Mahasiswa Telkom University Akan Dijadikan Tempat Isolasi

BALEENDAH – Telkom University (Tel-U) siap membantu penanganan Covid-19 di Jawa Barat dengan menyediakan dua gedung asrama untuk dijadikan tempat isolasi untuk masyarakat yang terpapar Covid-19. Hal itu dilakukan mengingat tingginya kasus positif Covid-19 belakangan ini.

Sementara itu, keterisian ruangan untuk pasien Covid-19 di RSUD Al-Ihsan masih 100 persen. Hal tersebut dikatakan Wadir Medik, Penunjang dan Keperawatan RS Al-Ihsan, dr. Ferry Achmad Firdaus, saat wawancara, di Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (14/7).

Dikatakan Ferry, saat ini ruang perawatan pasien Covid-19 di RSUD Al-Ihsan sebanyak 191 tempat tidur, dan rencananya akan dilakukan penambahan lagi.

“Saat ini, IGD Covid-19, sudah antri 30 sampai 40 orang yang mau masuk ke dalam ruang perawatan,” ujar Ferry.

Oleh karena itu, kata Ferry, untuk mengurangi beban rumah sakit, Pemprov Jabar membuka hotel sebagai tempat isolasi, dan sudah dilengkapi dengan tim medis, pemeriksaan laboratorium, serta obat-obatannya.

“Salah satu upaya untuk mengurangi pasien, yaitu pasien yang hampir pulang di rumah sakit. Yang gejala sudah tidak ada, demam sudah turun, sesak dan saturasi oksigen susah normal, tapi hasil swab PCR nya masih positif, itu tidak lagi di rumah sakit. Tapi di Pemprov Jabar, membuka hotel yang disewa untuk merawat pasien-pasien dengan kondisi seperti itu,” kata Ferry.

Dalam rangka membantu penanganan Covid-19, salah satu asrama di Telkom University akan dimanfaatkan sebagai tempat isolasi mandiri (isoman).

Ketua Satgas Covid-19 yang juga menjabat sebagai Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis Telkom University , Dr. Anisah Firli mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan tim dari Pemprov Jawa Barat serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat terkait rencana penggunaan gedung Tel-U sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Berkaitan dengan peningkatan kasus Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, sehingga kita ingin berkontribusi untuk membantu pemerintah khususnya Provinsi Jawa Barat untuk bisa menyediakan hal tempat isolasi,” ungkap Anisah melalui sambungan telepon, Rabu (14/7).

Gedung yang akan dipersiapkan untuk tempat isolasi, kata dia, ada dua gedung asrama yang letaknya merupakan yang terluar di area Tel-U. Pasalnya di kampus sendiri masih ada aktivitas yang dilakukan oleh para karyawannya.

Tinggalkan Balasan