Program Bantuan Logistik Kota Depok Hanya Diperuntukkan Bagi Warga Isoman

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyediakan program bantuan logistik bagi masyarakat terdampak Covid-19, terutama yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri (isoman).

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, bantuan kali ini hanya diperuntukkan bagi warga yang sedang melakukan isoman akibat terpapar Covid-19.

“Untuk jenis bantuannya masih berupa bantuan logistik alias nontunai. Paket bantuan logistik diprioritaskan bagi warga tidak mampu (prasejahtera) yang sedang menjalani isoman,” kata Tri Redjeki Handayani atau yang sering disapa Kiki itu kepada Jabar Ekspres, Selasa (13/7).

Lebih lanjut, dikatakan Kiki, bantuan logistik tersebut diberikan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang mulai berlaku sejak hampir dua pekan terakhir.

“Meski demikian, bantuan logistik ini sebenarnya sudah mulai tersalurkan semenjak akhir Juni lalu, tepatnya pada 28 Juni 2021,” terangnya.

Sejauh ini, kata dia, jumlah bantuan logistik dalam bentuk sembako yang disalurkan kepada penerima bantuan sebanyak 2.389 paket.

“Rencananya jumlah tersebut akan ditambah lagi pada tahap selanjutnya,” ujar Kiki.

Menurutnya, dana untuk bantuan logistik itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

“Untuk dana bantuan logistik sendiri bersumber dari APBD Kota Depok. Namun, tidak berupa uang tunai, melainkan dalam bentuk sembako,” paparnya.

Ia menerangkan, untuk mekanisme penyaluran bantuan logistik konfirmasi isolasi mandiri tahap 2 harus terlebih dahulu diajukan melalui kelurahan yang ditunjuk oleh Dinsos.

Selanjutnya, pihak Dinsos melakukan verifikasi atas data penerima bantuan yang diusulkan kelurahan. Jika pengajuan disetujui, maka tahap selanjutnya kelurahan dapat mengambil logistik yang diusulkan dengan membawa lampiran apabila diperlukan.

“Setelah bantuan diserahkan, penerima manfaat memberikan tanda terima logistik konfirmasi isolasi mandiri untuk disampaikan kembali ke Dinsos sebagai bukti bantuan telah diterima oleh si penerima bantuan,” urainya.

Bantuan Logistik untuk Warga Isoman Berupa Paket Makanan

Untuk rincian item dalam paket sembako yang didistribusikan kepada warga isoman, lanjut Kiki jenisnya berbeda-beda.

“Untuk jenis paketnya berbeda-beda, ada yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, kecap dan saos 1 botol. Kemudian, kedua, ada paket yang berisi mie instan 14, sarden besar 1, biskuit 1 bungkus, dan paket ketiga berisi beras 2,5 kg, sarden besar, mie instan 5 bungkus, kecap dan biskuit,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan