oleh

Pernyataan Dr. Lois Tentang Pasien Covid Meninggal Karena Interaksi Obat itu Benar, Tapi…

JAKARTA – Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan pernyataan seorang dokter bernama Lois Owien yang menyebutkan bahwa sesungguhnya virus Korona tidaklah nyata. Lois, yang kini sudah berurusan dengan polisi, juga mengklaim bahwa banyaknya pasien yang meninggal adalah akibat dari interaksi obat.

Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan dan keresahan masyarakat, karena hal itu bertentangan dengan sejumlah fakta yang selama ini dipercaya.

Lantas apa yang sebetulnya dimaksud dengan interaksi obat?

Baca Juga:  Tiga Kecamatan di KBB Nihil Penambahan Kasus Covid-19

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Guru besar farmasi UGM Prof Zullies Ikawati, PhD, Apt memberikan paparan dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan interaksi obat.

“Interaksi obat adalah adanya pengaruh suatu obat terhadap efek obat lain ketika digunakan bersama-sama pada seorang pasien. Secara umum, interaksi ini dapat menyebabkan meningkatnya efek farmakologi obat lain (bersifat sinergis atau additif), atau mengurangi efek obat lain (antagonis), atau meningkatkan efek yang tidak diinginkan dari obat yang digunakan,” ujar Zullies dikutip dari keterangan yang diterima, dikutip dari Antara.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sebenarnya interaksi ini tidak semuanya berkonotasi berbahaya, ada yang menguntungkan, ada yang merugikan. Jadi tidak bisa digeneralisir, dan harus dikaji secara individual.

Baca Juga:  Vitamin dan Mineral Dapat Bantu Imun yang Kacau Akibat Covid-19

Banyak kondisi penyakit yang membutuhkan lebih dari satu macam obat untuk terapinya, apalagi jika pasien memiliki penyakit lebih dari satu (komorbid). Hal serupa juga terjadi pada kasus pasien-pasien Covid-19 yang memiliki komorbid.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga