Petugas Harusnya Evaluasi Kebijakan Penutupan Jalan yang Picu Kerumunan di Jalur Alternatif

JAKARTA  – Salah satu kebijakan yang diterapkan pemerintah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021 adalah dengan menutup sejumlah jalan protokol.

Menurut para pembuat keputusan –yang entah melihat situasi di lapangan atau tidak– hal ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Namun, bagi masyarakat yang masih harus beraktivitas di luar rumah di masa PPKM Darurat, penutupan jalan bukan halangan. Sebab, masyarakat masih bisa menggunakan jalan alternatif, walau harus memutar lebih jauh, demi sampai ke tujuan. Situasi ini memicu kemacetan dan kerumunan di jalur alternatif tersebut.

Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana menyoroti kerumunan di jalan alternatif yang justru luput dari pengawasan petugas.

“Dengan menutup sejumlah jalan protokol, untuk membatasi gerak masyarakat, akan tetapi, penutupan jalan ini bukan tanpa masalah. Sejumlah ruas jalan yang menjadi alternatif bagi masyarakat di luar jalur utama menjadi padat. Hal ini justru membuat kepadatan baru dan harus menjadi bahan kajian lalu lintas,” ujar Eva kepada wartawan, Senin (12/7), seperti dilansir dari Jawapos.

Menurut legislator Partai Nasdem ini, jalur-jalur alternatif yang menjadi pusat kerumunan harus mendapatkan perhatian lebih.

“Jangan sampai masyarakat yang terpaksa melewati jalur alternatif justru menjadi klaster penularan baru. Tentu saja ini harus menjadi kepedulian kita bersama,” katanya.

“Meski idealnya penutupan jalan bertujuan agar masyarakat di rumah saja, tapi pada kenyataannya masih banyak pengguna jalan (kendaraan) yang beraktivitas pada sektor pelayanan, pada kantor pemerintah maupun swasta. Sehingga kepadatan lalu lintas terjadi di ruas jalan yang tidak ditutup,” sambungnya.

Lebih lanjut, Eva menekankan penempatan petugas seharusnya tidak hanya berada di jalan yang ditutup, tetapi juga di sekitar jalan yang menjadi alternatif.

“Petugas harus hadir untuk mengurai kepadatan lalu lintas masyarakat yang masih harus tetap beraktivitas walau di masa pandemi. Penempatan petugas harus mengedepankan aspek keselamatan bagi petugas itu sendiri. Saya minta kepada semua Polres dan Dishub untuk mengurai jika terjadi kerumunan atau kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik saat penutupan jalan protokol,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan