Masyarakat Desa Harus Jadi Prioritas untuk Mendapatkan Vaksin

INDRAMAYU –  Upaya pencegahan dan penyebaran penanganan Covid-19 harus dilakukan secara masif hingga ke tingkat.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sidkon Djampi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpendapat, di tingkat desa masih banyak yang belum tersentuh vaksin.

Untuk itu, Dia meminta agar Pemerintah Provinsi Jabar memberikan prioritas agar desa-desa segera dilaksanakan untuk vaksinisasi.

‘’Ini harus jadi prioritas ya, karena ketika saya telusuri ke tingkat desa belum ada program vaksin itu,’’ ucap Sidkon ketika melakukan kunjungan ke Daerah Pemilihan (Kundapil) di Kabuapten Indramayu, Kamis, (8/7).

Menurutnya, seperti yang dialami di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, di Desa itu sekarang hanya mampu berikan vaksin kepada warganya sejumlah 150 orang dari 8.000 penduduk di desa tersebut.

Dia menilai, kesigapan pemerintah desa terhadap penanganan Covid-19, mulai dari penelusuran warga yang terpapar, pendampingan, hingga pelayanan masyarakat harus dilakukan bersama satgas setempat.

“Inilah yang seharusnya dilakukan dalam satuan tingkat desa, cekatan dalam mendukung pemerintah untuk menanggulangi masalah Covid-19 ini,” ujar Sidkon.

Selain itu, kata Sidkon, prioritas saat ini adalah pemerataan vaksinasi masal. Sebab, setidaknya vaksinasi tersebut dapat menekan penyebaran Covid-19. Sehingga diharapkan penanganan pandemi dapat segera teratasi.

“Kita harus bersama-sama mencarikan solusi untuk mempercepat penanganan Covid ini demi mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin,” tutupnya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan