Cegah Kerumunan, Kelurahan Utama Atur Jumlah Kuota Peserta Vaksinasi

CIMAHI – Antusiasme dirasakan warga masyarakat Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Sebelumnya mereka sempat berbondong-bondong datang lebih awal ke Puskesmas Cimahi Selatan untuk mendapatkan dosis vaksin pertama dengan kuota 60 orang.

“Udah dijadwalkan tapi orang-orang datangnya lebih pagi kesini jadi kami gak bisa larang. Tapi tetep mulai pelaksanaannya dari jam 8, masalah kerumunan itu bagian satgas,” kata Kepala Puskesmas Cimahi Selatan, dr. Jemi Suseno, Kamis (8/7).

Akibat dari kerumunan sebelumnya, pihaknya hanya melayani dan menerima calon vaksinasi melalui Satgas Kelurahan Utama.

“Masalah kerumunan juga sudah dibagi oleh satgas, sudah diatur, cuman kan yang namanya orang susah, dah ngantri padulu-dulu. Dan kita juga gak bisa apa-apa,” terangnya.

Menurutnya, karena tidak ada arahan melalui kementrian kesehatan. Maka dari itu, hanya bisa mendaftarkan secara langsung. Dan bekerjasama dengan satgas kelurahan.

“Kalau warganya tau sendiri jadwal vaksinnya lalu ia datang dan kami melayani. Dan kerumunan ini terjadi selama se-jaman dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB,” tuturnya.

Untuk menertibkan warganya para Satgas Kelurahan Utama memberikan dosis vaksin pertama dengan cara mengantre 10 orang secara bergantian. Maka dari itu tidak menimbulkan kerumunan.

“Untuk penerima dosis kedua sekitar seratus orang lebih, sedangkan dosis pertamanya 60 orang,” terangnya.

“Ada juga yang nggak bisa divaksin yakni ditunda karena tensinya tinggi atau ada penyakitnya lain kita suruh pulang,” ujarnya. (Mg5/int)

Tinggalkan Balasan