Rindu Suasana Sekolah Seperti Dulu

Pesan Kepala Sekolah untuk Para Siswa SMP Negeri 59 Kota Bandung

 

Kondisi setiap sekolah tentu sama. Di masa Pandemi pasti selalu sepi. Tapi, bagi para guru tidak demikian. Hari-harinya tetap bekerja. Mengabdi memberikan ilmu untuk siswanya yang sudah menanti. Tak terasa hari kelulusan sudah tiba. Bagi SMP Negeri 59 Kota Bandung adalah untuk pertama kalinya.

Nurraini Rusmana, Kota Bandung

 

Kerinduan Asep Ramdani melihat anak-anak semangat bersekolah sudah lama ia rasakan. Ruangan kelas penuh canda tawa, siswa berlarian di lapangan dan kegiatan upacara bendera, adalah suasana yang sudah hilang semenjak datangnya Pandemi Covid-19.

Sekolah yang dipimpinnya itu selalu sepi, hening setiap harinya. Hanya beberapa guru dan keamanan yang selalu setia menemani.

Meski begitu, tanggung jawab sebagai kepala sekolah tetap ia emban. Walaupun setiap hari kegiatan belajar hanya dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh.

Bagi yang tidak memiliki gadget, Asep berfikir keras agar anak didiknya tetap belajar. Akhirnya dicetuskanlah ide agar para  guru mendatangi rumah para siswa untuk memberikan modul pelajaran.

Para guru secara sukarela bergantian mendatangi rumah para siswa satu persatu. Baginya, Gadget bukanlah halangan. Sebab, yang terpenting siswa tetap belajar di masa Pandemi ini.

‘’Kami tidak ingin hanya gara-gara gadget siswa kami tidak belajar,’’ ucap Asep ketika ditemui belum lama ini.

Asep dan para guru bergantian mendatangi para siswa. Dari modul yang diberikan, para siswa harus sudah mengumpulkan tugas pada minggu berikutnya. Bagi siswa yang tidak mengerti tentang modul pelajaran, guru harus menjelaskannya.

Namun, tak terasa waktu terus berlalu, siswa kelas sembilan sudah waktunya lulus. Tahun ini adalah kelulusan pertama dari sekolah rintisan yang dibentuk oleh Wali Kota Bandung itu.

Tidak ada yang istimewa pada perpisahan kelas sembilan. Hanya sambutan singkat dan nasehat sederhana yang  Asep berikan melalui daring agar para siswa tetap bersemangat menimba ilmu.

Secercah harapan pernah tebesit dalam benaknya, kegitan Belajar Tatap Muka akan direncanakan pada Juli ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan