Ngatiyana Sampaikan Kabar Buruk, Ada Ratusan ASN dan THL Positif COVID-19

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengonfirmasi hingga saat ini ada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Khusus di lingkungan perkantoran Pemkot Cimahi saja, tercatat ada 203 ASN dan THL yang terpapar virus korona. Rinciannya, sebanyak 158 Pegawai ASN atau Negeri Sipil (PNS) dan 45 THL). Mereka terpapar dari keluarganya.

“Ada 203 yang terkonfirmasi positif khusus di sini (Pemkot Cimahi). Kluster keluarga semua,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Rabu (25/6).

Ngatiyana mengatakan, seluruh pegawai Pemkot Cimahi yang terkonfirmasi menjalani isolasi mandiri lantaran tidak bergejala.

“Kondisinya OTG sehingga isolasi mandiri di rumah,” ucapnya.

Dengan adanya ratusan pegawai yang tumbang akibat COVID-19, Ngatiyana mengintruksikan nyaris semua pegawainya untuk bekerja di rumah alias WFH (work from home). Hanya sekitar 25 persen yang bekerja secara bergantian di kantor.

Berdasarkan pantataun di lingkungan Pemkot Cimahi begitu sepi. Tidak ada hilir mudik pegawai yang biasanya terlihat. Hanya ada beberapa pegawai yang kebetulan kebagian jatah piket masuk kantor. Aktivitas pekerjaan termasuk rapat lebih banyak dilaksanakan secara daring.

Hanya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bagian pelayanan seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) hingga Dinas Sosial yang masih membuka pelayanan dengan sangat terbatas.

“ASN maupun THL melaksanakan WFH, gak boleh masuk kantor dulu. Kita untuk pelayanan berjalan. 25 persen masuk kantor,” ujar Ngatiyana.

Selain dengan memutuskan WFH, seluruh area Pemkot Cimahi juga sudah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk memutus penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Mochammad Ronny menambahkan, secara keseluruhan ada 378 PNS dan THL di Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain di lingkungan Pemkot Cimahi, temuan kasus tersebut didapat dari lingkungan kecamatan, Setwan DPRD Kota Cimahi, Inspektorat Kota Cimahi, RSUD Cibabat hingga BPBD Kota Cimahi.

“PNS itu ada 256 orang dan THL ada 122 orang yang tersebar. Kalau khusus di lingkungan Pemkot tadi ada 203 orang,” terang Ronny. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan