Andai Dapat Ejekan Rasis Lawan Republik Ceko, Belanda Ancam Walk Out

KAPTEN Belanda, Georginio Wijnaldum menegaskan bahwa ia siap memimpin timnya untuk walk out dari lapangan jika mendapat ejekan rasisme dalam laga melawan Republik Ceko akhir pekan nanti.

Belanda dan Ceko bersua dalam partai babak 16 besar Euro 2020. Laga ini akan dihelat di Puskas Arena, Budapest, Hungaria pada Minggu (27/6) malam WIB.

Badan sepak bola Eropa UEFA sendiri kini tengah menyelidiki kasus dugaan ejekan rasisme dalam laga Hungaria melawan Prancis di Puskas Arena beberapa waktu lalu.

Wijnaldum pun melancarkan kritik pedas terhadap UEFA yang ia anggap kurang serius dalam memerangi rasisme dalam sepak bola.
“Anda bisa kalah dalam permainan karena cercaan semacam itu. Dalam hal ini UEFA harus ada untuk melindungi para pemain dan mereka harus membuat keputusan,” ujar Wijnaldum seperti dikutip The Sun yang dilansir dari bola.net.

“Pemain sering dihukum karena melindungi diri mereka sendiri sehingga UEFA perlu mengambil peran utama dalam hal ini,” imbuhnya.

“Mereka seharusnya yang mengatakan ‘jika hal semacam ini terjadi, kami akan membatalkan permainan dan berhenti bermain’.” tukasnya.

Lebih lanjut, Wijnaldum pun mengaku siap untuk memberi komando kepada rekan-rekannya jika timnya mendapat ejekan rasisme di Budapest nanti.
“Itu tidak dapat diterima dan kami tidak menginginkannya. Ketika itu terjadi di awal dan saya mulai memikirkannya. Saya memikirkan hal yang berbeda,” tutur Wijnaldum.

“Saya mulai berpikir ‘akankah saya keluar dari lapangan?’ – yang sebenarnya mungkin saya lakukan. Bisa jadi saya akan keluar lapangan tetapi saya akan berbicara dengan para pemain tentang hal itu terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain itu, Wijnaldum juga mengaku akan semakin senang jika tim lawan juga mengambil tindakan serupa, yakni tak mau melanjutkan permainan jika ada tindakan rasisme yang terjadi.

“Jika hal seperti itu terjadi dan wasit menghentikan permainan, para pemain tim lawan mengatakan ‘kami tidak akan mengambil ini’ dan mereka keluar dari lapangan maka Anda akan merasa jauh lebih baik sebagai pemain dan itu akan membuat pernyataan yang lebih besar daripada melakukannya sendiri.” tandasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan