Kesadaran Warga Cukup Tinggi, Vaksinasi Lansia di Desa Margaasih Bandung Capai 100 Orang

CICALENGKA – Dukung program pemerintah pada vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia), Desa Margaasih, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung gencar berikan edukasi.

Sekretaris Desa Margaasih, Ayi Sutisna mengatakan, hal itu sebagai upaya agar masyarakat percaya dan bersedia berpartisipasi dalam program vaksinasi.

“Sosialisasi kita ke tiap RW, bahkan kepala puskesmas-nya sebelum pelaksanaan vaksin berkordinasi dulu dengan pihak desa dan para Kadus (Kepala Dusun),” ujar Ayi saat kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Kamis (24/6).

Ia menerangkan, pada saat pelaksanaan vaksinasi untuk lansia, pihak Desa Margaasih melakukan berbagai upaya agar semua masyarakat dapat divaksin salah satunya dengan menjemput warga.

“Kita jemput dan saat pelaksanaan diperiksa dulu gak langsung divaksin. Kalau ternyata belum bisa divaksin, kita antarkan lagi pulang,” pungkasnya.

Ayi mengakui, antusias warga Desa Margaasih dalam program vaksinasi memang cukup tinggi.

“Cukup antusiasi, bahkan banyak yang diantarkan oleh anak-anaknya pakai motor,” ucap Ayi.

Sementara itu, untuk jumlah warga lansia yang saat ini telah melakukan vaksinasi, ucapnya mencapai 100 orang.

“Yang pertama ada 50 orang, kemudian vaksinasi kedua ada 50 orang, belum yang tahap satunya menyusul. Sekitar 100 orang ada,” imbuhnya.

Ayi menjelaskan, jumlah tersebut merupakan data yang tercatat dalam vaksinasi desa. Sementara untuk warga yang melakukan vaksinasi di luar agenda desa seperti di rumah sakit belum dilakukan pendataan.

Dalam pemaparannya, Ayi mengaku, selain gencarnya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan pihak desa, kesadaran masyarakat di Desa Margaasih terhadap vaksinasi cukup tinggi.

“Ya antusias warga di (Desa) Margaasih cukup tinggi, alhamdulillah,” tutupnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan