Soal Bunga Edelweis, Atta Halilintar: Saya Beli Bukan Cabut

JAKARTA – YouTuber Atta Halilintar kembali mengundang kontroversi di tengah masyarakat. Polemik muncul setelah ia memposting foto memberikan bunga edelweis kepada sang istri, Aurel Hermansyah saat berada di Gunung Bromo, Jawa Timur.

Foto tersebut tadinya diunggah di Instagram Aurel, namun kini sudah dihapus. Dalam foto tersebut, tampak Atta memberikan seikat bunga yang kerap disebut sebagai bunga keabadian untuk sang istri.

Padahal, bunga edelweis yang tumbuh di sejumlah pegunungan di Indonesia adalah bunga yang dilindungi dan tidak boleh dipetik sembarangan. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Aturan ini juga diatur Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018.

Ditemui di Djakarta Theater di bilangan Sarinah Jakarta Senin (14/6) malam, Atta Halilintar membuat pengakuan bahwa dirinya tidak memetik bunga tersebut. Dia hanya membelinya dari dari seorang ibu yang menawarkan bunga itu kepada dirinya pada waktu itu.

“Ada orang yang jual bunga. Saya tanya berapa harganya? Rp 40 ribu bang. Ya sudah saya beli,” kata Atta Halilintar.

Personel Gen Halilintar mengaku tidak tahu pasti apakah ibu-ibu itu merupakan penjual bunga edelweis dari hasil budidaya atau mengambilnya dari gunung. Atta hanya berniat mau membantu ibu itu dengan cara membeli bunga yang dijualnya. “Saya tadinya juga gak tahu (bunga edelweis dilindungi, Red),” ujarnya.

Meski sudah terbiasa menjadi pergunjingan orang, Atta tetap mengakui kesalahannya. “Aku sudah gak kaget karena apa apa viral. Aku bukan orang sempurna, kalau salah tolong dimaafkan,” kata Atta. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan