BPS Sebut Ada Peningkatan Indeks Perilaku Anti Korupsi? Berikut Daftar Kasus Korupsi yang Jadi Perhatian Publik

3. Kasus Suap Proyek RSU Kasih Bunda

Hutama Yonathan jadi tersangka dugaan kasus suap yang menyeret Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna. Ia disebut menjanjikan Rp 3,2 miliar terhadap Ajay yang diduga untuk izin pengembangan Rumah Sakit Kasih Bunda. Uang yang diterima Ajay disebut sudah sekitar Rp 1,661 miliar.

4. Kasus Pengadaan Bansos Covid-19 Kabupaten Bandung Barat

Terjadi lagi kasus korupsi di lingkup bantuan sosial. Kali ini, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna yang terjerat. Kasus korupsi bernilai puluhan miliar itu berkaitan dengan pengadaan bantuan sosial (bansos) yang mana Aa Umbara mendapat commitment fee senilai Rp1 miliar.

5. Kasus Suap Wali Kota Tanjungbalai, Penyidik KPK Ikut Jadi Tersangka

Parah, penyidik KPK berinisial SRP ditetapkan menjadi tersangka kasus suap setelah menerima suap agar menghentikan penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai yang sedang dilakukan KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan. MS, Wali Kota Tanjungbalai, meminta agar SRP dapat membantu supaya nanti permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK.

MS meminta agar dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai agar tidak naik ke tahap penyelidikan dan menyuap SRP, tapi, dengan aksi tersebut, ia malah terjerat kasus korupsi.

Kelima kasus di atas hanya sebagian kecil dari rentetan tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia. Integritas berbagai pihak menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya tindak korupsi. Sebab, godaan korupsi bisa menjerat siapa saja. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan