oleh

Operasi Nemangkawi, Tewas, 4 Anggota KKB Papua

JAKARTA – Sebanyak 15 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua ditembak aparat keamaan dalam jangka waktu sebulan terakhir. Empat orang di antaranya tewas.

Wakasatgas Humas Operasi Nemangkawi, AKBP Arief Fajar Satria mengatakan aparat TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas berhasil melumpuhkan 15 anggota KKB Papua di Kabupaten Puncak. Empat di antaranya tewas.

“Dalam satu bulan terakhir Mei sampai dengan Juni 2021 telah berhasil melumpuhkan 15 orang Teroris Bersenjata, 4 orang KKTB tewas dan 11 lainnya luka-luka di wilayah Kabupaten Puncak Papua,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/6).

Baca Juga:  3 Anggota DPRD Jabar Dipanggil KPK Terkait Kasus Suap Proyek di Indramayu

Dikatakannya upaya penindakan hukum dilakukan untuk memberikan rasa aman dan tentram bagi masyarakat yang berada di wilayah Papua.

Dalam beberapa waktu terakhir situasi dan eskalasi keamanan di Bumi Cenderawasih ini diketahui memanas.

Rentetan kontak senjata antara aparat dengan kelompok separatis pejuang kemerdekaan Papua kerap terjadi.

“Menciptakan situasi kondusif dengan memberi perlindungan keamanan dan ketentraman masyarakat akan senantiasa diciptakan oleh TNI-Polri di wilayah Papua,” tegasnya.

Baca Juga:  Risma Instruksikan Seluruh ASN Mensos Bantu Operasionalnya Dapur Umum

Dalam penindakan terakhir, tim gabungan berhasil menangkap anggota KKB yang kini telah dicap sebagai kelompok teroris, Miron Tambuni.

Dia merupakan buronan yang telah diburu sejak 2017 lalu. Miron ditangkap oleh aparat pada Kamis (10/6) lalu di wilayah Mimika, Papua.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga