oleh

Picu Protes, ‘Slogan Politik’ di Jersey Timnas Ukraina, Begini Respon UEFA

EROPA – Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) pada Kamis mengatakan kepada Ukraina bahwa mereka boleh tetap menggunakan peta yang menunjukkan Crimea di jersey barunya, tetapi harus melepas slogan “Glory to the heroes” karena mengandung konotasi militer.

Jersey Ukraina, yang akan digunakan di Piala Eropa (Euro), telah memicu protes dari Moskow karena mencakup peta semenanjung Crimea yang dianeksasi Rusia pada 2014.

Namun, secara internasional wilayah itu masih diakui sebagai bagian dari Ukraina.

Baca Juga:  EURO 2020, UEFA Izinkan Suporter Timnas Inggris Masuk Stadion, Asalkan...

Slogan di bagian belakang bertuliskan “Glory to Ukraine” sedangkan di bagian dalam jersey tertulis: “Glory to the heroes” yang merupakan salam militer di Ukraina.

UEFA mengatakan bahwa peta itu tidak menjadi perhatian mengingat itu mencerminkan perbatasan yang diakui PBB, juga bukan slogan “Glory to Ukraine.”

Namun, UEFA meminta slogan kedua untuk dilepas karena dianggap jelas bersifat politis, memiliki signifikansi historis dan militeristik, kata pernyataan UEFA yang dikutip Reuters pada Kamis.

Baca Juga:  EURO 2020, UEFA Izinkan Suporter Timnas Inggris Masuk Stadion, Asalkan...

Ukraina mengatakan bahwa jersey itu adalah simbol persatuan nasional, dan sebelumnya Presiden Volodymyr Zelenskiy mengunggah swafoto di Instagram dengan memakai jersey itu pada pekan ini.

Hubungan antara Moskow dan Kiev memburuk tajam setelah aneksasi Crimea dan dimulainya pemberontakan separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur pada tahun 2014.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga