oleh

Jepang Berencana Buang Limbah Nuklir ke Laut, IANFU Beri Kecaman

JAKARTA – Massa yang menamakan diri sebagai Indonesia Antinuklir Fukushima (IANFU) menggelar aksi damai memperingati ‘Hari Laut Sedunia’ di depan gedung Kedubes Jepang, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (8/6).

Massa menggelar aksi demi menolak rencana pemerintah Jepang membuang 1,25 juta ton limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima ke Samudera Pasifik.

“Ada beberapa persoalan yang membuat hari ini kami ada di sini yaitu tentang kebijakan yang diambil oleh negara Jepang yang akan membuang limbah reaktor nuklir mereka di perairan laut pasifik,” teriak salah seorang orator di depan Kedubes Jepang.

Baca Juga:  Kapal KM Karya Indah Terbakar, Sebagian Penumpang Melompat ke Tengah Laut

Orator itu pun menilai dampak pembuangan limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima berdampak buruk terhadap ekosistem laut.

Selain itu, kata orator, kebijakan tersebut berdampak terhadap perairan laut Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

“Kami mengimbau kepada pemerintah Indonesia agar segera melakukan langkah konkrit agar Jepang tidak jadi membuang limbahnya ke laut,” tutur orator dalam aksinya.

Koordinator lapangan IANFU Zaki meminta pemerintah Indonesia bisa meniru langkah China dan Korea Selatan menyikapi rencana Jepang membuang limbah pendingin reaktor nuklir Fukushima ke laut. Kedua negara tersebut, kata dia, telah mengecam dan menyurati pemerintah Nippon atas rencana tersebut.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga