oleh

Pemkot Cimahi Cover Puluhan Ribu Peserta BPJS Kesehatan

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mencatat, jumlah warga Kota Cimahi yang menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS) sudah mencapai 69.954 jiwa.

Seluruh penerima bantuan peserta BPJS Kesehatan kategori PBI di-cover pembayarannya oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi. Bantuan tersebut dikhususkan bagi warga kurang mampu.

“Masyarakat yang didaftarkan Pemkot Cimahi dapat langsung aktif kepesertaannya sehingga mudah untuk mendapatkan pembiayaan kesehatan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Jumat (11/6).

Secara keseluruhan, terang Ngatiyana, jumlah warga Kota Cimahi yang sudah menjadi peserta JKN/KIS BPJS sudah mencapai 538.693 jiwa atau 96,56 persen dari jumlah penduduk yang mencapai 557.911 jiwa.

Jumlah kepesertaan tersebut sudah melebihi Universal Healt Coverage (UHC) yakni minimal yang 95 persen dari jumlah penduduk. “Sehingga sudah melebihi sebesar 10.525 jiwa,” ucapnya.

Ngatiyana mengatakan, Pemkot Cimahi setiap tahun menyediakan anggaran untuk meng-cover masyarakat yang terdaftar dalam kepesertaan PBI JKN-KIS.

“Agar terselenggaranya program kesehatan ini dengan baik harus dilaksanakan secara transparan dan jelas sehingga tidak timbul permasalahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ngatiyana melanjutkan, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat kurang mampu di Kota Cimahi melalui jaminan kesehatan nasional. Harapannya, kata dia, Kota Cimahi dapat mencapai cita-cita besar, yaitu seluruh warga Kota Cimahi memiliki jaminan kesehatan nasional.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga