oleh

Wujudkan Pengabdian, Akademisi Sumbangkan Aplikasi Pendataan

DEPOK – Akademisi dari Universitas Pamulang (Unpam), Atang Susila menyumbangkan sebuah aplikasi OpenSID (aplikasi sistem informasi desa) kepada Kelurahan Bojongsari, tepatnya di RW 14.

Atang yang juga Dosen Teknik Informartika Unpam itu menyebut, pemberian bantuan tersebut selain merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat (PKM), juga dimaksudkan untuk membantu pemerintahan di tingkat kelurahan melakukan pendataan warganya.

“Ya, tujuan tentu tak lain untuk mengabdikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat,” kata Atang kepada wartawan, Kamis (10/6).

Atang mengatakan, melalui aplikasi sederhana itu, warga bisa melihat statistik kependudukan berdasarkan umur, status perkawinan, pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, ia menyebut kelebihan lain yang didapatkan dari aplikasi ini ialah mampu mendeteksi keberadaan seseorang.

“Bisa juga memantau warga yang sedang lakukan isolasi mandiri,” kata Atang.

Menariknya lagi, menurut dia, warga juga diberi pelatihan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Dikatakan, aplikasi tersebut juga menawarkan beragam fitur, selain untuk pendataan warga. Misalnya, ada fitur berita dan lainnya di dalam aplikasi tersebut.

“Jadi, warga bisa meng-upload foto-foto kegiatan yang terkoneksi langsung dengan berbagai media sosial lainnya,” tandasnya. (Mg12/hrs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga